Rabu, 29 Oktober 2014

Kenapa harus pilih berhijab?


Sebelumnya saat masa kanak remaja, aku gak pernah punya pilihan untuk berhijab. Malah dengan pikiran kolotku jaman dulu, aku pikir berhijab itu panas, ribet dan gak praktis. Seperti pada umunnya ak dibesarkan dikeluarga muslim namun aku kurang begitu memahami apa makna berhijab. Hingga disaat aku berumur 18 taun aku mulai mencari jati diri dan amat penasaran kenapa para muslimah harus memakai hijab. Hingga pada akhirnya aku cari definisi berjilbab beserta ayat yang mewajibkan muslim untuk memakai hijab. Sebagai berikut :
Hijab (bahasa Arab: حجاب ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim (lihat jilbab). Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.

Bergejolaklah jiwa remajaku, mulailah aku melihat tata cara berpakaianku yang ternyata dalam agama islam cara berpakaianku masi jauh dari perintah kewajiban Allah. Aku sangat takut karena Allah telah mewajibkanku untuk berhijab karena umurku sudah akil balig. Akil baligh adalah masa seseorang manusia yang sudah dikenai kewajiban dan tanggung jawab ditandai jika lakilaki dengan mimpi basah, pada perempuan dengan menstruasi.
Dulunya ak termasuk kategori cewek tomboy.. nah adanya hadis yang melarang wanita berupa seperti laki-laki .. itu pulalah yang membuatku risau.
Bagi sebagian yg belum paham. Mereka berpikir hijab itu hal konvensional dan tertinggal jaman. Namun aku ingin menyatakan bahwa dengan adanya berhijab, wanita didorong untuk mulai berpikir modern, coba aja pikir kita manusia bukan hewan, jadi untuk membedakan manusia dan hewan adalah cara kita untuk berpakain. Hal inilah yang membuatku mulai memupuk keyakinan untuk berhijab. Kebanyakan orang berhijab memakai pakaian serba tertutup dan longgar, untuk yang termakan fashion pastinya wah . Sayang dong gak bisa gaya. Malah sebenarnya wanita yang baik gak perlu pake pakaian yg terbuka orang pun juga bakalan tau cantik atau gak nya wanita berdasarkan inner beautynya.

Hijab berasal dari akar kata h-j-b;bentuk verbalnya (fi’il) adalah  hajaba,yang diterjemahkan dengan “menutup, menyendirikan, memasang tirai, menyembunykkan, membentuk pemisahan, hingga memakai topeng.”Selanjutnya Hijab diterjemahkan menjadi “tutup, bungkus, tirai, cadar, layar, dan partisi.” Bahkan terdapat kata yang sama namun merujuk pada makna jimat-jimat yang dibawa orang (biasanya anak-anak kecil) untuk melindungi diri dari bahaya. Derivatif lain dari kata Hijab adalah  hajib,  berarti alis mata atau pelindung mata dan juga merupakan kata yang dipakai selama periode kekhalifahan untuk para pejabat yang menyeleksi para pendatang yang ingin bertemu dengan khalifah. Kegunaan Hijab Dalam Islam : 1. Hijab itu adalah ketaatan kepada Allah dan Rasul.  2. Hijab itu 'iffah3. Hijab itu kesucian4. Hijab itu Pelindung5. Hijab itu Taqwa6. Hijab itu Iman7. Hijab itu Haya'8. Hijab itu Ghirrah.

Coba kalo berkerudung saat kita berbicara dengan lawan bicara...orang langsung menatap muka. Akan tetapi jika tidak, pasti bisa melihat kearah lain. Itu yang dinamai pelindung. Karena dari pandangan dapat menimbulkan nafsu jahat. Maka dari itu hijab seperti tameng.. biar tidak terkena panah" nafsu jahat.
Itu lah sebab-sebab berhijab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hello.. Komentar mu.. Sangat berarti
감사합니다

Postingan